UAS PRAKTIK

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

   Lingkungan sekolah merupakan tempat dimana kita melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar Kebersihan lingkungan sekolah akan sangat mempengaruhi kesehatan kita. Bukan hanya itu saja, sekolah yang bersih juga dapat menaikkan nilai akademis dan semangat belajar siswa. Menjaga kebersihan linkungan rumah, sekolah, dan alam sekitar adalah salah satu tanggung jawab kita terhadap lingkungan demi keberlangsungan hidup yang nyaman. Sangat penting untuk menjaga kebersihan sekolah, karena lingkungan sekolah yang bersih akan membuat anak-anak terasa aman dan nyaman ketika belajar maupun melakukan aktivitas lain. Bukan hanya petugas kebersihan sekolah tetapi kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab guru dan seluruh siswa.

    


Dengan terciptanya kebersihan lingkungan sekolah, sekolah akan dapat meningkatkan kesehatan dan semangat belajar siswa. Lain dari itu, siswa pun akan menjadi tidak mudah terjangkiti oleh penyakit, sehingga siswa pun tidak akan sering absen di dalam kelas dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain sekolah dapat menaikkan nilai akademis siswa tetapi juga dapat menaikkan reputasi guru ataupun sekolah itu. Biaya yang di keluarkan orang tua juga bisa berkurang karena anak bisa beraktivitas di lingkungan yang bersih. Dengan kebiasaan menjaga lingkungan sekolah dapat menularkan ke masyarakat sekitar yang diharapkan akan mencontoh pola hidup sekolah yang sehat. Masyarakat pun tidak akan rentan terkena penyakit karena sudah menjaga kebersihan lingkungan masyarakat.

   


 

Mengajarkan soal menjaga kebersihan lingkungan sekolah kepada anak mungkin tidak mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak agar menjaga kebersihan lingkungan sekolah, yaitu: biasakan anak tidak membuang sampah sembarangan, melakukan piket di kelas, dan melakukan kerja bakti. Siswa dilatih supaya disiplin menjaga lingkungan, hingga terbiasa saat dewasa mendatang. Dan sehingga anak-anak lebih terbiasa menjaga kebersihan dimana saja. Dengan menjaga kebersihan sekolah diharapkan menjadi ruang yang nyaman bagi siswa untuk mengikuti kegiatan belajar. Selain itu, siswa juga dapat menanam tanaman di sekitar lingkungan supaya lingkungan dapat lebih asri.





www.yasanjosiantar.com

www.smpcintarakyat1.sch.id

www.secretkampus.com

    

Komentar

Postingan Populer